Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Siak Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Perdagangan Barito Timur Gelar Sidang Tera Perdana di Pasar Tamiang Layang

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 06 Juli 2020 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Perdagangan Kabupaten Barito Timur menggelar sidang tera di Pasar Tamiang Layang, Senin 6 Juli 2020. Puluhan pedagang memanfaatkannya untuk melakukan tera ulang serta perbaikan alat ukur takar timbang dan perlengkapannya atau UTTP.

Kabid Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kabupaten Barito Timur, Ulianto menjelaskan, sidang tera ini merupakan kegiatan perdana yang dilakukan dinas sejak mendapatkan bantuan minibus dan perlengkapan tera dari Kementerian Perdagangan.

"Karena pandemi Covid-19 ini, kami agak lambat dapat cap tanda teranya. Makanya baru sekarang mulai melakukan sidang tera," kata Ulianto.

Dia mengatakan, tujuan tera ulang maupun perbaikan alat UTTP yakni untuk memberi perlindungan kepada konsumen maupun pedagang, dan juga meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap pedagang.

"Sidang tera seperti ini dilakukan tiap tahun, nanti setelah Pasar Tamiang Layang kami juga akan menggelar sidang tera di semua kecamatan," imbuhnya.

Ulianto berharap, saat pihaknya menggelar sidang tera, masyarakat yang memiliki alat UTTP agar datang melakukan tera ulang, sehingga takaran alat UTTP yang dimiliki akurat.

"Kami tidak mungkin mendatangi satu per satu, jadi masyarakat yang harus mendatangi. Selain di pasar, kami juga akan melakukan tera ulang di SPBU Longkang dan Ampah," paparnya.

Ulianto menambahkan, masyarakat yang ingin melakukan tera ulang alat UTTP juga dapat mendatangi langsung kantor dinas perdagangan setempat.

Dinas Perdagangan Barito Timur mendapatkan bantuan mobil minibus serta perlengkapan metrologi melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019 dari Kementerian Perdagangan RI pada bulan Desember 2019. Selain itu, dinas juga memiliki 2 pejabat berwenang untuk melakukan tera alat UTTP. (BOLE MALO/B-11

Berita Terbaru