Rutan Kelas IIB Buntok Gelar Pemeriksaan Kesehatan Rutin WBP

  • Oleh Uriutu
  • 08 Juli 2020 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Rutan Kelas IIB Buntok melakukan pemeriksaan kesehatan rutin bagi Warga Binaan Permasyarakatan (WBP), di ruang klinik Rutan, Selasa, 7 Juli 2020.

Pengolah Data Kesehatan Rutan Buntok, Budy Santoso mengatakan, pemeriksaan kesehatan rutin ini untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik bagi para WBP.
Menurutnya, kesehatan merupakan salah satu hak yang harus dipenuhi oleh negara bagi WBP.  

Artinya, sambung dia, setiap warga binaan berhak memperoleh pelayanan kesehatan yang layak dan pemeriksaan kesehatan dilakukan paling sedikit 1 kali dalam setahun.

Ia menjelaskan, jika WBP mempunyai keluhan mengenai kesehatan, bisa disampaikan kepada petugas atau Pelayanan kesehatan yang diberikan meliputi pemeriksaan kesehatan, penyuluhan kesehatan dan pengobatan.

"Pemeriksaan kesehatan kita laksanakan rutin, minimal kita lakukan pengecekan tekanan darah, kemudian kita beri anjuran dan nasehat serta obat bagi WBP yang sakit", jelas dia.

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas IIB Buntok, Mastur menyampaikan pemeriksaan kesehatan bagi WBP bertujuan untuk mengetahui keluhan yang dialami mereka.

“Pemeriksaan kesehatan merupakan tindakan pencegahan terhadap potensi penyakit bagi WBP Rutan Buntok,” ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-7)

Berita Terbaru