Hasil Rapid Test 196 Pedagang Pasar Saik Sukamara, 27 Reaktif

  • Oleh Norhasanah
  • 08 Juli 2020 - 13:45 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Hasil pemeriksaan rapid test 196 pedagang Pasar Saik Sukamara pada 3 Juli dan 7 Juli 2020 oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penangana Covid-19 Kabupaten Sukamara, sebanyak 27 dinyatakan reaktif.

Pelaksanaan rapid test pada tahap pertama diikuti sebanyak 152 orang, dengan jumlah 24 orang reaktif. Kemudian tahap kedua diikuti sebanyak 44 pedagang dengan jumlah reaktif 3 orang.

"Jadi total yang diambil rapid test itu ada 196 orang, dan jumlah yang reaktif 27 orang," ujar Bupati Sukamara, Windu Subagio, Rabu, 8 Juli 2020.

Menurut Windu, dari hasil pemeriksaan tersebut, akan ada beberapa langkah yang akan diambil oleh tim gugus tugas sebagai upaya pencegaha hal-hal yang tidak diinginkan.

"Dari hasil kemarin, jadi langkah yang diambil adalah dengan dilakukan rapid test ulang setelah 10 hari," ujarnya. "Tetapi, jika di antara 27 pedagang ini ada yang menunjukan gejala, maka akan langsung kita karantina secara khusus," tambah Windu.

Untuk pedagang yang reaktif tetapi tidak menunjukan gejala apa-apa, maka harus menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan, seperti mencuci tangan, memakai masker dan jaga jarak.

"Jadi protokol kesehatan ini wajid dilakukan, supaha kita tetap aman dari pandemi covid-19," tukasnya. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru