Tim Terpadu Lakukan Patroli Cegah Karhutla di Tengah Pandemi Covid-19

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 09 Juli 2020 - 17:45 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Tim Patroli Terpadu yang terdiri dari TNI, Polri, Manggala Agni, BPBD dan Masyarkat Peduli Api ( MPA) mulai melaksanakan patroli pencegahan karhutlla di wilayah Kecamatan Kotawaringin Lama, Kamis, 9 Juli 2020.

Babinsa Koramil 1014 - 03/Kotawaringin Lama Koptu Said yang ikut dalam tim patroli terpadu mengungkapkan, dalam pengendalian karhutla kali ini, tim lebih mengutamakan upaya pencegahan karhutla dengan patroli secara rutin.

“Kegiatan yang dilakukan teman-teman di lapangan pada saat patroli terpadu adalah menjaga daerah yang rawan karhutla, serta beberapa daerah disekitarnya. Melalui upaya ini sehingga tidak terjadi karhutla di wilayah tersebut,” ujarnya.

Disampaikannya, kegiatan tim di lapangan meliputi monitoring kawasan, sosialisasi, pencarian informasi dan pemetaan masalah. Serta melakukan groundcheck hotspot apabila terdeteksi muncul hotspot, pemadaman dini jangan sampai api membesar.

Ditambahkan oleh Danramil 03/Kotawaringin Lama Kapten Inf Handoyo, dengan adanya kegiatan patroli dan posko terpadu pencegahan karhutla, diharapkan pencegahan karhutla di tingkat tapak yang melibatkan multistakeholder akan semakin sinergis.

“Tim melakukan upaya terpadu, dengan tetap memperhatikan kearifan lokal masyarakat dan secara bertahap, mencari solusi bagi pembakar hutan dan lahan yang bermotif ekonomi. Selain itu juga dalan upaya terpadu dilaksanakan kegiatan dukungan sosialisasi antisipasi penyebaran Covid-19,” tambahnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru