Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

2 KEK Baru Pulau Batam: Investasi Rp 22,2 T di Lahan 196,45 Ha

  • Oleh Teras.id
  • 11 Juli 2020 - 08:30 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Dua Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) baru, Nongsa Digital Park dan Batam Aero Technic, resmi dibentuk di Pulau Batam, Kepulauan Riau. Total investasi yang ditanam di kedua proyek ini mencapai Rp 22,2 triliun di lahan seluas 196,45 hektare (ha).

"Hari ini kami setujui untuk ditetapkan sebagai KEK, karena telah memenuhi syarat," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam siaran pers pada Jumat, 10 Juli 2020.

Pengumuman ini disampaikan Airlangga dalam sidang Dewan Nasional KEK di hari yang sama. Dengan keputusan ini, maka jumlah KEK di Indonesia kian bertambah. Sebelumnya sudah ada 15 KEK yang tersebar di seluruh Indonesia.

Jika keduanya rampung, maka Kepulauan Riau akan memiliki tiga KEK. Sebelumnya sudah ada KEK Galang Batang yang beroperasi sejak Desember 2018. Kegiatan utama di KEK ini adalah insutri pengolahan bauksit dan logistik.

Lalu seperti apa rincian kedua KEK baru ini, berikut penjelasannya:


1. KEK Nongsa Digital Park
KEK ini dibangun di lahan seluas 166,45 hektare dengan total investasi Rp 16 triliun. Rp 14,9 triliun untuk investasi tenant dan sianya untuk investasi pembangunan kawasan. Total tenaga kerja yang terserap ditargetkan sebanyak 16.500 orang.

Usulan penetapan kawasan ini sebagai KEK datang dari PT Taman Resor Internet (Tamarin). Ini adalah anak perusahaan dari PT Citra Agramasinti Nusantara atau Citramas Group. Grup bisnis ini memiliiki pengalaman dibidang pariwisata, industry kreatif dan IT, serta kawasan industri.

Saat ini, sudah ada investor yang masuk yaitu PT Kinema untuk IT Apple Academy dan calon investor data center PT Nexus, D-Town Commercial Center. Adapun infrastruktur kawasan yang telah terbangun di lahan tahap 1 seluas 91,11 hektare, yaitu marina, resort, studio film, IT office, dan golf course.

KEK Nongsa Digital Park diharapkan menjadi entry point untuk perusahaan IT International dari Singapura dan Mancanegara. Sebaliknya, KEK ini juga ditetapkan menjadi IT Hub Digital Bridge Indonesia ke Singapura & Manca Negara.

Menurut hitungan Dewan Nasional, KEK ini akan menghemat devisa negara dalam bisnis digital hingga Rp 20-30 triliun per tahun. Dengan adanya transfer teknologi di bidang IT, KEK Nongsa Digital Park diharapkan menjadi pusat pengembangan SDM tenaga IT muda. "Menjadi technopreneur,” kata Sekretaris Dewan Nasional KEK Enoh Suharto Pranoto.

Berita Terbaru