Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Buaya yang Menyerang Kakek Saat Wudhu Ditangkap

  • Oleh Wahyu Krida
  • 30 April 2024 - 19:05 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Akhirnya buaya yang menyerang Dani (60 tahun) seorang kakek warga Desa Tanjung Terantang, Kecamatan Arut Selatan (Arsel) Pangkalan  Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Selasa, 30 April 2024 saat mengambil wudhu di sungai, pada hari yang sama berhasil ditangkap oleh petugas dari Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun, BKSDA Kalteng.

Kepala SKW II Pangkalan Bun BKSDA Kalteng Dendi Sutiadi, mengatakan pasca menerima laporan adanya serangan reptil tersebut pada warga, 6 petugas langsung berangkat ke lokasi untuk melakukan evakuasi.

"Kami juga dibantu oleh anggota komunitas pencinta  reptil Kobar. Setelahelakukan upaya penyisiran dan penangkapan menggunakan jaring, sore harinya buaya tersebut berhasil ditangkap oleh petugas, anggota komunitas reptil dan masyarakat setempat," jelas Dendi Sutiadi.

Menurut Dendi Sutiadi, saat ini anggotanya bersama komunitas reptil masih belum kembali ke kantor.

"Menurut anggota saya mereka masih beristirahat di desa tersebut pasca melakukan pengamanan reptil. Dari laporan anggota  kami, reptil yang diamankan tersebut jenisnya buaya muara. Panjangnya sekitar 2 meter," jelas Dendi Sutiadi.

Dendi Sutiadi menjelaskan penanganan lanjutan lada satwa tersebut, terkait pelepasliaran masih, pihaknya bakal berkoordinasi dengan pihak TNTP.

"Karena bila dilepasliarkan di Suaka Margasatwa (SM)Lamandau, besar kemungkinan buaya tersebut akan kembali lagi ke Sungai Terantang, lantaran lokasi SM Lamandau berada di sekitar aliran sungai yang berhubungan dengan Sungai Terantang. Mencegah hal tersebut terjadi, maka kami berencana untuk melepaskannya  di sungai yang jauh dari lokasi tersebut yaitu di sekitar Sungai Buluh TNTP. Namun kita tunggu saja bagaimana nanti, setelah berkoordinasi dengan pihak TNTP," jelas Dendi Sutiadi. (WAHYU KRIDA/j)

Berita Terbaru