Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lumpuh Total Akibat Banjir, Warga Desa Rungun dan Kondang Membutuhkan Air Bersih

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 20 Juli 2020 - 09:45 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Banjir yang melanda wilayah Desa Rungun dan Kondang, Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) membuat aktivitas warga lumpuh total. Warga kini sangat membutuhkan air bersih.

Pada Minggu, 19 Juli 2020, Badan Penaggulanan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan Kobar langsung meninjau kondisi banjir. Mulai dari Desa Lalang, Desa Rungun, Desa Kondang, Kelurahan Kotawaringin Hulu dan Kelurahan Kotawaringin Hilir.

Plt Kepala BPBD Kobar Tengku Alisyahbana mengatakan, banjir yang menerjang Kecamatan Kotawaringin Lama saat ini semakin parah. Bahkan, banjir pun telah merendam sejumlah fasilitas umum yang ada di Desa Rungun dan Kondang.

"Kami sangat prihatin. Kami akan mengirimkan logistik dan air bersih karena banjir telah merendam sumur milik warga, sehingga warga hanya mengkonsumsi air bersih dari air hujan," ujarnya, Senin, 20 Juli 2020.

Alisyahbana melanjutkan, banjir di Desa Rungun dan Kondang paling parah. Aktivitas di dua desa itu juga lumpuh total. Listrik pun mulai di matikan karena sangat membahayakan warga yang masih memilih bertahan di rumahnya.

Pihaknya meminta Kepala Desa Rungun dan Kondang untuk segera mengevakuasi warganya ke tempat yang lebih aman. Di Desa Rungun, telah disiapkan tenda pengungsian di kawasan Keminting dan untuk Desa Kondang tempat pengungsian di akses jalan yang masih aman dari banjir.

"Kami sangat prihatin dengan kondisi saat ini terutama untuk desa Kondang, karena semua terendam banjir sehingga untuk tempat mengungsi ada sedikit akses jalan yang masih aman tetapi jika masih turun hujan maka jalan tersebut akan terendam banjir, karena akses jalan menuju desa Kondang putus maka logistik akan kita droping ke Keminting desa Rungun," ungkapnya.

Berdasarkan data di lapangan, untuk Desa Kondang ada 94 rumah yang tergenang banjir dengan total kepala keluarga sebanyak 133 dan 495 jiwa. Sementara di Desa Rungun ada 500 rumah yang tergenang banjir dengan total 1. 300 jiwa. Untuk Desa Lalang ada 56 rumah yang tergenang banjir, jumlah jiwa sebanyak 300. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru