Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sawah Harus Punya Cadangan Air

  • Oleh Naco
  • 26 Juli 2020 - 13:21 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Rudianur meminta agar setiap tahun pemerintah kabupaten memprogramkan sumber air di areal persawahan warga di daerah selatan.

Cara ini untuk mengantisipasi bahaya kekeringan sawah disetiap musim kemarau, apa yang disampaikan masyarakat mengaku mereka memerlukan masih banyak sumur atau sumber air untuk kawasan pertanian.

Salah satunya untuk mengairi sawah ketika musim kekeringan, khusunya di daerah selatan Kotim. Rudianur mengakui sumber air itu bisa saja berupa sumur air bor yang dibangun. Satu sumur bisa menangani sawah yang ada dikawasan tersebut.

Pasalnya kejadian musim kemarau akan mengakibatkan kekeringan sawah dan kondisi ini mengakibatkan petani terancam gagal panen.

“Sawah yang kering akan mengakibatkan dampak buruk bagi petani, gagal panen salah satunya," tukasnya, Minggu, 26 Juli 2020.

Selain itu selama ini pemerintah sudah aktif menyalurkan bantuan alat pertanian. Hendaknya penerima bantuan ini bisa memanfaatkan dan tidak asal salurkan kepada masyarakat.

Alat itu juga kaya dia diharapkan berdaya guna dengan hasil akhirnya oeningakatan produksi pertanian yang meningkat.

Rudianur juga mengungkapkan selama ini anggaran untuk sektor pertanian masih belum maksimal. Padahal pemerintah kabupaten sudah mencanangkan mandiri disektor pangan seharuanya juga dibijaki dengan anggaran yang ideal. (NACO/B-6)

Berita Terbaru