Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

100 Sertifikat Tanah Diserahkan BPN Untuk Warga Kelurahan Baamang Tengah

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 27 Juli 2020 - 15:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sebanyak 100 sertifikat tanah diserahkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), untuk warga di Kelurahan Baamang Tengah. 

"Alhamdulilah, 100 sertifikat tanah warga sudah diserahkan secara simbolis, oleh BPN Kotim. Nanti juga akan diteruskan secara berkala," ujar Lurah Baamang Tengah Zikrillah, Senin, 27 Juli 2020. 

Dirinya mengatakan, sebenarnya untuk di Baamang Tengah sendiri ada 930 sertifikat yang diterbitkan oleh BPN. Namun, pihaknya secera berkala menyerahkan sertifikat tersebut, yang merupakan dari program pendaftaran tanah sistematis lengkap pemerintah pusat. 

Di Baamang Tengah sendiri sebenarnya ada 2.500 peta bidang tanah untuk 2.000 sertifikat hak atas tanah. Namun akibat pandemi Covid-19, target tersebut berkurang menjadi 1.300 dan untuk sertifikat hak milik 947. 

Setelah dilakukan verifikasi, akhirnya 1.300 peta bidang tanah yang ditargetkan seluruhnya dapat teralisasi. Sedangkan untuk sertifikat hak atas tanah terealisasi sebanyak 930 yang telah diterbitkan. 

"Tanah yang tak didaftarkan pada badan pertanahan setem pat berisiko bermasalah di masa depan. Salah satunya ialah pengklaiman tanah oleh pihak lain karena surat-surat yang tak lengkap," kata Zikrillah. 

Dirinya juga memberikan apresiasi kepada BPN Kotim yang telah menjalankan program itu dengan baik dan lancar. Sebab program ini sangat membantu warga untuk memiliki surat tanah secara resmi dan gratis. 

Program tersebut juga diharapkan terus berlanjut di tahun mendatang. Sehingga semua warga di Baamang Tengah dapat memiliki sertifikat hak atas tanah yang dimilikinya secara sah berdasarkan hukum. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru