DAS Katingan Berangsur Surut Meski Sering Diguyur Hujan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 02 Agustus 2020 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Meski curah hujan di wilayah Kabupaten Katingan akhir-akhir ini tidak setinggi sebelumnya, hujan masih sering mengguyur wilayah kabupaten berjuluk Bumi Penyang Hinje Simpei ini.

Seperti hari ini, Minggu, 2 Agustus 2020. Hujan mengguyur beberapa tempat di Kota Kasongan, ibu kota Kabupaten Katingan.

Namun hujan yang mengguyur Kasongan hanya berlangsung singkat atau tidak lebih dari satu jam dengan intensitas rintik-rintik hingga sedang.

Meski wilayah Katingan masih sering diguyur hujan, Daerah Aliran Sungai atau DAS Katingan yang membentang dari bagian hulu atau Utara hingga hilir atau Selatan, itu mulai menyurut.

Sebelumnya, DAS Katingan ini termasuk di Kota Kasongan sempat meluap hingga permukiman warga di bantaran sungai terendam.

Dari informasi yang diperoleh, hingga saat ini masih ada 2 wilayah kecamatan di Katingan yang masih terdampak banjir akibat luapan  Sungai Katingan, yaitu Kecamatan Tasik Payawan dan Kamipang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Eka Suryadilaga membenarkan jika sejauh ini hujan di daerahnya masih terjadi meski tidak setinggi sebelummya.

Menurutnya, saat ini seharusnya masuk musim kemarau berdasarkan ramakan pihak BMKG Kalteng. 

"Kalau musim kemarau tahun ini berdasarkan prakiraan BMKG itu adalah kemarau basah, yaitu disela panas ada turun hujan," kata Eka Suryadilaga. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru