Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Murung Raya Apresiasi Warga Muara Laung Sambut Positif Rapid Test

  • Oleh Trisno
  • 05 Agustus 2020 - 06:30 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Pemkab Murung Raya  mengapresiasi respon positif dan peran aktif masyarakat Kelurahan Muara Laung Kecamatan Laung Tuhup terkait dengan upaya pemutusan mata rantai penularan Covid-19 di daerah tersebut, di antaranya dengan keikutsertaan rapid test massal.

Perwakilan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPP) Kabupaten Murung Raya yang juga Kepala Dinas Kesehatan Mura, dr. Suria Siri mengatakan, pihaknya melakukan kegiatan tracking dan screaning, seluruh masyarakat Muara Laung sangat respon dan tidak ada penolakan seperti yang dikhawatirkan sebelumnya.

Kesadaran masyarakat Muara Laung katanya sangat baik dalam mendukung tugas Gugus Tugas selama melonjaknya kasus terkonfirmas positif di daerah tersebut, dan itu sangat membantu mempercepat pelacakan warga yang memiliki kontak erat dan juga yang terpapar segera diketahui dan dirawat.

“Kami sampaikan apresiasi, karena di Muara Laung masyarakatnya sangat aktif dalam mendukung upaya yang dilakukan GTPP, tidak ada penolakan, bahkan banyak masyarakat yang secara sadar melaporkan diri telah memiliki riwayat kontak dan bersedia di rapid ataupund sab oleh tim medis dilapangan” kata dr. Suria saat dibincangi Ppost, Selasa kemarin.

Tidak hanya itu, semenjak melonjaknya kasus positif Covid-19 di Muara Laung, warganya sangat disiplin dalam menerapkan protocol kesehatan, terlihat dari sepinya pasar dan beberapa fasilitas umum karena banyak warga memilih berdiam diri di rumah.

Selain itu, saat ini seluruh masyarakat setempat sudah disiplin dalam menggunakan masker, tidak ada lagi terlihat warga yang tidak menggunakan masker di luar rumah.

“Ya kalau masyarakat berperan aktif dan disiplin seperti ini, kami yakin penyebaran Covid-19 di Muara Laung bisa segera diredam, dan tentu Muara Laung bisa kembbali ke zona hijau dalam waktu dekat,” katanya.

Ia berharap yang dilakukan warga Muara Laung bisa menjadi contoh warga di daerah lainnya, karena dengan kesadaran, disiplin dan dukungan terhadap tugas Gugus Tugas, pemutusan mata rantai Covid-19 bisa segera dilakukan dan berhasil.

Sementara itu. Berdasarkan data dari Gugus Tugas, di Kecamatan Laung Tuhup termasuk di Kelurahan Muara Laung sepekan terakhir terhadap lonjakan peningkatan kasus yang cukup signifikan, dengan jumlah terkonfirmasi sebanyak 24 orang dengan rincian 16 dalam perawatan dan tujuh orang dinyatakan sembuh. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru