Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kapuas Hulu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Uni Eropa Keluarkan Moroko dari Daftar Aman Virus Corona

  • Oleh Teras.id
  • 08 Agustus 2020 - 23:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Dalam update terbaru daftar aman virus Corona Uni Eropa, Moroko tidak lagi berada di dalamnya. Dengan kata lain, pergi ke ataupun datang dari Moroko tidak akan semudah biasanya. Hal itu menyusul banyaknya kasus baru di Moroko, 6.385 dalam satu pekan terakhir.

Dikutip dari kantor berita Reuters, Sabtu, 8 Agustus 2020, tersisa 10 negara yang masih berada di dalam daftar aman virus Corona Uni Eropa. Mereka adalah Australia, Kanada, Georgia, Jepang, Selandia Baru, Rwanda, Korea Selatan, Thailand, Tunisia, dan Uruguai.

"Cina sudah disetujui untuk masuk daftar, namun baru akan dilakukan apabila mengizinkan pendatang dari Uni Eropa," ujar keterangan pers yang dikutip dari Reuters. 

Daftar baru tersebut resmi mulai berlaku hari ini. Dan, seperti sebelum-sebelumnya, akan dievaluasi secara berkala tiap dua pekan untuk menentukan negara mana yang pantas dimasukkan atau dikeluarkan dari daftar aman virus Corona.

Adapun seleksi Uni Eropa dilakukan berdasarkan beberapa indikator. Indikator utamanya adalah ada berapa banyak kasus baru di sebuah negara dalam dua pekan terakhir. Hal itu baik dilihat dari sisi kapasitas testing maupun jumlah kasus per 100 ribu warga.


Hingga berita ini ditulis, Moroko tercatat memiliki 29.644 kasus dan 449 korban meninggal akibat virus Corona.

TERAS.ID

Berita Terbaru