Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Badung Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadis Pertanian Barito Timur Harapkan Pelayanan Jasa Alsintan Terbentuk di Desa

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 14 Agustus 2020 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi, mengharapkan terbentuknya Usaha Pelayanan Jasa Alat dan Mesin Pertanian atau UPJA di desa.

Riza mengatakan, pembentukan UPJA dimaksudkan sebagai lembaga ekonomi perdesaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa atau penyewaan, dalam rangka optimalisasi penggunaan alat dan mesin pertanian atau alsintan bantuan dari pemerintah.

"Jadi nanti uang hasil sewa bisa digunakan untuk biaya perawatan alsintan, sehingga umur pakai alsintan tersebut juga bisa lebih panjang," jelas Riza saat menghadiri kegiatan tanam jagung di Desa Puri, Kecamatan Raren Batuah, Jumat 14 Agustus 2020.

Sementara itu, Kepala Desa Puri Iwan Darmaji menjelaskan pemdes mendukung pengembangan budidaya jagung pakan ternak di desa tersebut.

Karena itu, pihaknya dengan menggunakan dana desa akan menganggarkan pembuatan gudang penyimpanan jagung dan tempat penjemuran.

"Kami sangat mendukung program budidaya jagung pakan yang digulirkan dinas pertanian," kata Iwan.

Diketahui, pada musim tanam April - September, total pengembangan budidaya jagung pakan seluas 70 hektare. Itu tersebar pada lima kelompok tani di desa tersebut. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru