Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tanjung Balai Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hingga Juli, 4 Perangkat Daerah di Barito Timur Nihil PAD

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 28 Agustus 2020 - 14:55 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Hasil rekapitulasi pendapatan asli daerah atau PAD hingga bulan Juli 2020 oleh Badan Pendapatan Daerah atau Bapenda Kabupaten Barito Timur menunjukkan bahwa masih terdapat 4 perangkat daerah yang belum menyumbang PAD sama sekali alias nihil.

Keempat perangkat daerah tersebut yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang atau DPUPR, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Disnakertrans, Kecamatan Raren Batuah serta Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia atau BKPSDM.

Dalam rekapitulasi yang ditandatangani Kepala Bapenda Barito Timur, Franz Sila Utama diterangkan, DPUPR sendiri memiliki target PAD sebesar Rp 500 juta yang bersumber dari retribusi jasa usaha dan retribusi pemakaian kekayaan daerah berupa sewa alat berat.

Sedangkan target PAD Kecamatan Raren Batuah sebesar Rp 20 juta, bersumber dari retribusi pasar, sewa gedung aula dan sewa peralatan kantor.

Target PAD BKPSDM sebesar Rp 20 juta, bersumber dari retribusi jasa usaha dan penyewaan tanah dan bangunan.

Perangkat daerah yang juga nihil PAD yakni Disnakertrans, namun tidak ada target PAD yang ditetapkan pemerintah daerah bagi Disnakertrans.

Franz Sila Utama menjelaskan, pandemi covid-19 turut berpengaruh pada perolehan PAD di Kabupaten Barito Timur.

Menurutnya, pembatasan sosial yang diterapkan pemerintah berpengaruh pada aktivitas ekonomi dan kegiatan lainnya.

"Dampak wabah ini menyebabkan penurunan PAD hingga 50 persen pada semua perangkat daerah," kata Franz Sila di kantornya, Jumat, 28 Agustus 2020. (BOLE MALO/B-7)

Berita Terbaru