Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalimantan Utara Tawarkan Delta Kayan kepada Bulog untuk Penggilingan Padi

  • Oleh ANTARA
  • 01 September 2020 - 08:01 WIB

BORNEONEWS, Tarakan - Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie menawarkan Delta Kayan kepada Perum Bulog yang berencana berinvestasi membangun penggilingan padi modern di Bulungan.

"Perum Bulog berencana membangun 16 unit fasilitas penggilingan padi modern atau modern rice milling plant (MRMP) di Kalimantan, salah satunya di Kabupaten Bulungan," kata Irianto di Tanjung Selor, Senin 31 Agustus 2020.

Saat ini Perum Bulog masih mencari lokasi yang pas dan akan melakukan survei beberapa lokasi di Bulungan.

Gubernur menawarkan kawasan Delta Kayan atau di kawasan food estate untuk disurvei karena selain lahannya yang subur, ketersediaan air juga sangat melimpah.

Selain itu beberapa izin yang dikeluarkan Pemkab Bulungan kepada investor yang akan menggarap food estate itu, tidak menunjukkan kemajuan yang signifikan.

“Berdasarkan laporan, hanya ada satu perusahaan yang serius di sana yaitu Solaria. Izin investor yang lainnya itu sudah otomatis tidak berlaku karena tidak ada kegiatan di lapangan,” katanya.

Perum Bulog juga akan membangun serentak MRMP di Kalimantan yaitu di Seruyan, Lempuyang, Parebok, Hamaut dan Sampit Sebrang.

Kemudian Cempaga Mutu, Pagatan, Mendawai, Pande Batu, Bahaur, Terusan, Dadahup, Pangkoh, Sukamara, Tanah Laut dan Barabai.

Rencananya, fasilitas MRMP ini akan memiliki dryer atau mesin pengering berkapasitas 900 ton per hari, milling atau mesin sosoh berkapasitas 50 ton per jam Gabah Kering Giling, SILO atau tempat penyimpanan gabah berkapasitas 3.000 ton per unit.

Nilai investasi Bulog untuk proyek 16 MRMP di Kalimantan ini sekitar Rp2 triliun. Gubernur memerintahkan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kaltara dan Kabupaten Bulungan untuk menindaklanjuti rencana investasi ini dengan mengintensifkan koordinasi.

Berita Terbaru