Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyebab Kebakaran Lahan di Bungur Masih Diselidiki

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 02 September 2020 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Polres Kotawaringin Barat (Kobar) masih melakukan penyelidikan terkait terbakarnya belasan hektar lahan sawit milik warga di Pangkalan Bungur, Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan.

Kebakaran yang terjadi kurang lebih 3 hari hingga Selasa, 1 September 2020, membuat belasan hektare atau sekitar 14 hektare lahan sawit habis terbakar.

Disampaikan oleh Kasatreskrim Polres Kobar AKP Rendra Aditia Dani bahwa kasus kebakaran lahan tersebut masih diselidiki. Pemilik lahan pun nantinya akan dimintai keterangan.

"Kita masih mintai keterangan saksi - saksi, nanti pemiliknya juga akan kita mintai keterangan," ujarnya, Rabu, 2 September 2020.

Rendra menyampaikan bahwa kebakaran lahan yang terjadi ini, justru bukan di lahan yang kosong. Namun di lahan yang sudah ditanami sawit. 

Di sisi lain, dia mengajak masyarakat untuk mencegah terjadinya Karhutla. Apalagi saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

"Kita selalu mengimbau dan mengingatkan masyarakat untuk bersama mencegah Karhutla. Salah satunya jangan buka lahan dengan membakar serta jangan buang putung rokok sembarangan. Sebab pelaku Karhutla ini ada ancaman pidanannya," tuturnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru