Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengunjung Perpustakaan Daerah di Kapuas Dibatasi Selama Pandemi Covid-19

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 04 September 2020 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pengunjung perpustakaan daerah di Kuala Kapuas dibatasi selama pandemi corona virus disease atau covid-19 ini, untuk mencegah terjadinya penularan virus tersebut.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas, Komari mengatakan layanan perpustakan daerah selama masa pandemi tetap berjalan, namun dibatasi sesuai dengan protokol kesehatan.

"Angka pengunjung turun akibat dari pembatasan yang dilakukan untuk menyesuaikan dengan aturan dari protokol kesehatan cegah covid-19," kata Komari, Jumat, 4 September 2020.

Lebih lanjut, ia menyebutkan pelayanan sebelum pandemi terhitung dari bulan Januari sampai dengan Maret 2020 cukup banyak, tercatat sekitar 4000 lebih pengunjung di perpustakaan daerah.

"Jumlah pengunjung yang banyak sebelum pandemi itu juga tidak lepas dari kerjasama yang dilakukan bersama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas," tuturnya.


Yang mana, Dinas Perhubungan memberikan pinjaman bus untuk menjemput siswa/siswi permasing-masing sekolah dari tingkat Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang ada di Kabupaten Kapuas.

"Itu dilakukan secara terjadwal dan bergantian, sehingga antusias sisw-siswi meningkat dan lebih bersemangat. Namun, setelah pandemi Covid-19, angka pengunjung menurun karena dibatasi," jelasnya.

Selain itu, Komari mengatakan untuk urusan ke arsipan seharusnya tahun ini akan dilakukan sosialisasi, tetapi dikarenakan ada petunjuk untuk tidak melaksanakan sosialisasi karena pandemi covid-19.

"Kami menggantinya dengan cara Petugas Kearsipan dan Perpustakaan mengunjungi setiap Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), terkait dengan pengelolaan kearsipan," jelasnya.

Pihaknya berharap, dan tetap berusaha dengan semangat dan kemampuan, agar ke depan dapat mengelola sistem kearsipan yang baik.

Berita Terbaru