Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Siapkan Dana Insentif Bila Daerah Berhasil Tangani Covid-19

  • Oleh Teras.id
  • 05 September 2020 - 19:01 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional telah mengidentifikasi adanya potensi anggaran pandemi yang tidak terserap penuh sampai akhir tahun. Besarnya adalah Rp 12,92 triliun, dari total anggaran Rp 695,2 triliun.

Untuk itu sejumlah usulan program baru dibuat untuk memaksimalkan anggaran ini. Salah satu program yang disiapkan adalah pemberian Dana Insentif Daerah (DID).

"Untuk daerah yang berhasil dalam penanganan Covid-19, menjadi hijau atau kuning," kata Ketua Komite Airlangga Hartarto dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat, 4 September 2020.

Selain itu ada juga program pengembangan dan upgrade fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan RSUD. Lalu, peningkatan PCR atau Test Swab untuk memenuhi target dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sebelumnya, Komite telah melakukan monitoring terhadap penggunaan anggaran pandemi sebesar Rp 695,2 triliun tersebut. Sampai 31 Agustus 2020, realisasinya baru mencapai Rp 211,6 triliun.

Dari hasil monitoring, ternyata juga ada pos anggaran yang kemungkinan tidak terserap hingga akhir tahun. Contohnya adalah anggaran kesehatan.

Dari alokasi Rp 87,55 triliun, diproyeksi hanya terserap 72,73 triliun. Airlanga melanjutkan sisa anggaran Rp 12,92 triliun ini juga dimanfaatkan untuk program lain.

Di antaranya yaitu penambahan nilai program perlindungan sosial dan percepatan program Padat Karya di Kementerian PUPR.

Selain itu, sebagai upaya mendorong kontribusi PDB di daerah, komite menyiapkan program berbasis spasial. Beberapa program pengembangan sektor unggulan akan dibuat di 10 provinsi yang mempunyai kontribusi PDB terbesar. (TERAS.ID)

Berita Terbaru