Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Luapan Sungai Katingan Membanjiri Sejumlah Wilayah Kecamatan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 07 September 2020 - 14:31 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Luapan air Sungai Katingan akibat curah hujanntinggi menyebabkan sejumlah wilayah kecamatan di Kabupaten Katingan mulai tergenang banjir, Senin, 7 September 2020.

Dari informasi yang diperoleh borneonews.co.id, dua wilayah kecamatan yakni Katingan Hulu dan Kecamatan Marikit bahkan sudah kebanjiran sejak dua hari ini akibat luapan Sungai Katingan.

Namun luapan air Sungai Katingan di 2 kecamatan ini hanya membanjiri permukiman di bantaran sungai. Hingga hari ini, banjir di 2 kecamatan ini masih bertahan. 

Luapan air Sungai Katingan juga terjadi di wilayah Kecamatan Katingan Tengah sejak subuh hari ini.

Camat Katingan Tengah, Yoby Sandra membenarkan jika di sejumlah wilayah di Tumbang Samba saat ini mulai kebanjiran akibat luapan air Sungai Katingan.

"Iya mulai meluap sejak subuh tadi di beberapa titik pemukiman sudah tergenang air," katanya. Menurutnya, titik permukiman yang sudah tergenang banjir yakni wilayah perbatasan antara  Desa Samba Katung dan Samba Bakumpai.

"Desa Samba Bakumpai Jalan desa dekat sungei di RT 02 sampai Rt 04 terendam banjir dengan ketinggian sekitar satu meter," ujarnya.

Kemudian banjir juga menggenangi beberapa titik di Desa Samba Kahayan. Yoby Sandra mengatakan, luapan air Sungai Katingan ini terjadi karena dalam beberapa hari belakangan curah hujan tinggi di bagian hulu. 

Di wilayah Tumbang Samba, sejauh ini dialiri oleh dua sungai besar, yakni Sungai Katingan dan Sungai Samba.

Jika curah hujan tinggi di wilayah hulu baik Sungai Katingan maupun Sungai Samba maka dampaknya permukaan air Sungai Katingan yang membelah Kota Tumbang Samba ibukota Kecamatan Katingan Tengah meningkat dan tidak jarang hingga meluap ke permukaan seperti saat ini. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru