Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banyak Kendala Dihadapi Masyarakat pada Pelayanan Online di Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 07 September 2020 - 20:16 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Disdukcapil Kabupaten Barito Timur, Muslim Raharjo menyebut banyak kendala yang dihadapi oleh masyarakat ketika mengurus dokumen kependudukan secara online.

"Di antaranya penguasaan teknologi. Masyarakat masih banyak yang belum bisa mengubah dokumen ke dalam bentuk file PDF, jadi pada saat mengirim terbagi-bagi yang menyebabkan tumpang-tindih dengan kiriman orang lain," ungkapnya, Senin 7 September 2020.

Lanjutnya, komunikasi melalui pesan WhatsApp juga seringkali menyulitkan ketika menjelaskan sesuatu kepada orang yang berkepentingan.

"Belum lagi ada orang yang mengurus dokumen dan mengirimkan kelengkapannya pada semua nomor operator sehingga menyebabkan memori HP cepat penuh," lanjutnya.

Karena itu meski tetap memaksimalkan pelayanan secara online akibat kasus positif Covid-19 yang masih terus meningkat daerah setempat serta, pihaknya juga tetap membuka pelayanan tatap muka bagi masyarakat.

"Kami tetap melayani pengurusan dokumen kependudukan secara tatap muka bagi masyarakat yang terlanjur datang di kantor disdukcapil," jelasnya.

Muslim juga mendorong pegawai di lingkungan disdukcapil untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami memahami bagaimana masyarakat mengorbankan waktu dan meninggalkan pekerjaan untuk mengurus dokumen kependudukan, karena itu kami berusaha sebisa mungkin agar dalam sekali jalan pengurusan dokumen dapat rampung," janjinya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru