Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program KB untuk Tingkatkan Kualitas Penduduk

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 10 September 2020 - 11:55 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Kabupaten Kapuas terus bergerak dalam menjalankan program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Kabid Pengendalian Penduduk (PP) Dinas P3APPKB Kapuas, Sugiyanto menyampaikan, program KB untuk mengatur jumlah jarak kelahiran, sehingga terkendali.

"Saat ini sasaran BKKBN juga untuk peningkatan kualitas penduduk, melalui berbagai program seperti sekolah siaga kependudukan, hingga kampung KB. Tujuannya, meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat di desa," kata Sugiyanto, Kamis, 10 September 2020.

Ia menyebutkan program kampung KB harus benar-benar dijalankan, dan masyarakat ikut mendukung. Apalagi program itu bukan hanya milik BKKBN.

"Program ini milik seluruh masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan lintas sektor terkait," jelasnya.

Ia menjelaskan, kepadatan penduduk yang terjadi tentu saja dapat menjadi suatu masalah dan perlu diperhatikan pemerintah. Sehingga banyak upaya yang diprogramkan untuk mengendalikan kepadatan penduduk tersebut.

"Maksud dari gerakan ini untuk membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera dengan membatasi kelahiran. Keluarga berencana juga dapat diartikan sebagai usaha untuk mengukur jumlah dan jarak anak yang diinginkan," ucapnya.

Untuk dapat mencapai hal tersebut, maka dibuatlah beberapa cara atau alternatif untuk mencegah ataupun menunda kehamilan. Di antaranya seperti menggunakan pil, suntik KB, implan, dan metode lainnya.

Ia menyebutkan di Kabupaten Kapuas partisipasi masyarakat dalam program KB tersebut sangat baik dengan angka yang juga cukup tinggi. Terkait itu, diharapkan pengendalian penduduk dan peningkatan kualitas penduduk bisa lebih optimal. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru