Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Kobar Tinjau Pasar untuk Tanggapi Keluhan Pedagang Soal Kenaikan Retribusi

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 11 September 2020 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah meninjau Pasar Indra Sari dan Pasar Indra kencana. Hal itu untuk menanggapi berbagai keluhan pedagang di pasar, Jumat, 11 September 2020.

Ahmadi Riansyah mengatakan, peninjauan ini berkaitan dengan rencana kenaikan retribusi pasar 2020. Hal itu memicu keluhan pedagang yang variatif.

"Kita melihat secara langsung kondisi pasar di tengah pandemi covid-19. Para pedagang mengeluhkan pasar sepi dan kenaikan retribusi," kata Ahmadi Riansyah.

Berdasarkan pengakuan pedagang, kenaikan retribusi dinilai kurang tepat waktunya karena pandemi covid-19 masih terjadi. Selanjutnya, besaran retribusinya juga tinggi. Mulai dari kenaikan 100 - 300 persen.

"Seperti pedagang kaki lima yang ada di selasar, biasanya mereka dipungut retribusi Rp 2 ribu menjadi Rp 5 ribu. Dan yang jualan di kios juga retribusinya naik, ini lah yang dikeluhkan," ungkapnya.

Dia juga menyampaikan, pedagang meminta agar kenaikan ini ditunda semetara.

Diketahui bersama, kenaikan ini hasil kesepakatan bersama terkait target pendapatan daerah APBD Kobar 2020. Retribusi pasar sebelum pandemi naik menjadi Rp 2,4 miliar, namun karena pandemi menjadi Rp 2,1 miliar.

"Dinas sudah melaksanakan tugas berdasarkan perda. Sehingga apabila kenaikan retribusi ini dikeluhkan, maka pemkab bersama DPRD nanti akan membahasnya dan dikaji ulang," tuturnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru