Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Klaster Keluarga Dominasi Peningkatan Kasus Positif Covid-19 Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 12 September 2020 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Barito Timur, Simon Biring, menjelaskan, peningkatan kasus positif covid-19 saat ini didominasi klaster keluarga.

"Ini sudah mulai klaster keluarga," kata Simon, di Tamiang Layang, Sabtu, 12 September 2020.

Menurutnya, selain menyebabkan peningkatan kasus positif secara signifikan, klaster baru ini juga menyebabkan gugus tugas kewalahan menangani pasien covid-19.

"Kami sudah mulai kewalahan. Kalau ruang isolasi semua sudah penuh, terpaksa banyak yang harus isolasi mandiri di rumah," ungkap Simon.

Namun dia meragukan efektivitas isolasi mandiri, karena kemungkinan pasien positif covid-19 tidak disiplin menjalankan protokol kesehatan. Hal itu dapat menulari orang-orang di sekitarnya.

"Segera kami akan fungsikan eks kantor kesbangpol untuk ruang isolasi," kata Simon.

Diketahui, per hari ini di Barito Timur, ada peningkatan kasus positif covid-19 tertinggi yaitu 16 kasus. Meski begitu, terdapat juga 6 orang pasien yang dinyatakan sembuh.

Dengan demikian, total akumulasi positif covid-19 Barito Timur menjadi 140 kasus. Rinciannya, 82 orang dinyatakan sembuh, 56 orang masih dalam perawatan, dan 2 orang meninggal dunia. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru