Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Fakfak Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Dinas Pertanian Barito Timur Panen Jagung di Desa Sumber Garunggung

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 15 September 2020 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur, Riza Rahmadi menghadiri panen jagung di Desa Sumber Garunggung Kecamatan Dusun Tengah, Selasa, 15 September 2020.

Untuk menuju kebun jagung milik Kelompok Tani Nela Jakat Poon tersebut, rombongan harus menempuh perjalanan 40 kilometer dari Tamiang Layang, kemudian dilanjutkan dengan perahu motor selama 25 menit dari Bendungan Karau.

"Saya bersama Koordinator BPP Dusun Tengah dan penyuluh datang ke sini untuk melihat hasil panen jagung petani, sekaligus memberikan dukungan agar terus mengembangkan komoditas tersebut," kata Riza.

Dia mengaku turut senang melihat petani dapat menikmati hasil panen dari pengembangan budidaya jagung pakan.

"Kita bersyukur, meski saat ini pandemi covid-19 tapi petani di sini masih punya penghasilan, masih ada sesuatu yang bisa dijual untuk menghasilkan uang," imbuh Riza.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Nela Jakat Poon, Arbain berterima kasih atas bantuan benih jagung dan pendampingan yang terus dilakukan pemerintah melalui dinas pertanian dan penyuluh di lapangan.

"Walau hasilnya belum maksimal, tapi saya sudah bisa punya modal untuk musim tanam berikut," kata Arbain.

Dari ubinan yang dilakukan oleh penyuluh BPP Dusun Tengah, diperkirakan hasil panen di kawasan tersebut mencapai 5,97 ton jagung pipil kering per hektare. Sedang harga beli jagung pipil kering oleh pengepul sekitar Rp 3.400 per kilogram. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru