Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani di Desa Sumber Garunggung Panen Jagung, Begini Hasilnya

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 15 September 2020 - 18:21 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Anggota Kelompok Tani Nela Jakat Poon di Desa Sumber Garunggung, Kecamatan Dusun Tengah mulai memanen jagung pakan yang ditanam pada musim tanam April-September.

Dari pengubinan yang dilakukan BPP Dusun Tengah pada lahan jagung milik Ketua Kelompok Tani Nela Jakat Poon, Arbain diperkirakan menghasilkan panen jagung pipil kering sebanyak 5,97 ton per hektare.

Dengan harga jual ke pengepul saat ini Rp 3.400 per kilo gram, maka dapat dihasilkan penjualan Rp 20.298.000.

"Karena benihnya bantuan dari pemerintah, saya hanya mengeluarkan anggaran untuk obat pengendalian hama dan upah bagi diri saya sendiri dengan total sekitar Rp 2.500.000 untuk 2 minggu menanam jagung," katanya.

Meski dia merasa hasil panen jagung kali ini belum maksimal namun tetap ada ada keuntungan yang diraih serta cukup untuk cadangan modal menanam lagi pada musim tanam berikut.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Barito Timur, Riza Rahmadi yang didampingi Kasi Perbenihan dan Produksi Tanaman serta Koordinator BPP Dusun Tengah saat menghadiri panen jagung pada kelompok tani tersebut, mengaku turut senang melihat petani dapat menikmati hasil panen dari pengembangan budidaya jagung pakan.

Dia memperkirakan petani dapat meraih keuntungan bersih paling kurang Rp 10 juta dari 1 hektare tanaman jagung pakan dalam sekali panen.

"Jadi petani kita sekarang sudah bisa menghitung sendiri berapa keuntungan yang dapat diperolehnya dalam sekali tanam," katanya.

"Kita bersyukur, meski saat ini pandemi Covid-19 tapi petani disini masih punya penghasilan, masih ada sesuatu yang bisa dijual untuk menghasilkan uang," imbuhnya. (BOLE MALO/B-6) 

Berita Terbaru