Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pandemi Covid-19 Berdampak Terhadap Pelayanan KB

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 18 September 2020 - 23:59 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19 yang masih melanda Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat ini ternyata juga berdampak terhadap pelayanan KB untuk masyarakat. 

Hal itu dikarenakan masa pandemi ini membuat pelayanan di fasilitas kesehatan (Faskes) terbatas. Selain itu, masih kurangnya alat pelindung diri (APD) guna memenuhi standar pelayanan ditengah Covid-19 bagi para petugas pelayanan KB. 

"Pandemi ini tantangan bagi seluruh SOPD dan masyarakat Kotim. Begitu juga dengan pelayanan KB," ujar Wakil Bupati Kotim Taufiq Mukri, Jumat, 18 September 2020. 

Taufiq menyampaikan hal tersebut pada saat Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia dan TNI Manunggal KB-Kesehatan di Kotim yang dilaksanakan di Kodim 1015 Sampit. 

Kegiatan tersebut sendiri dirangkai dengan bulan pelayanan 250.000 akseptor MKJP. Dan juga pelayanan KB bagi masyarakat ditengah situasi pandemi. Sehingga berdampak dengan upaya pengendalian penduduk, melalui ketersediaan pelayanan dan alat kontrasepsi untuk masyarakat. 

"Sementara, penerapan pelayanan KB di era new normal harus dengan memperhatikan protokol kesehatan. Ia juga berharap semoga hal demikian menjadi perhatian perwakilan BKKBN provinsi Kalimantan Tengah. Paling tidak menyiapkan APD untuk petugas kesehatan," harap Taufiq. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru