Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rejang Lebong Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Minimalisasi Pelanggaran Kampanye, Bawaslu Kobar Bakal Bentuk Tim Patroli Medsos

  • Oleh Wahyu Krida
  • 21 September 2020 - 13:05 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Untuk meminimalisasi berbagai bentuk pelanggaran kampanye selama Pilgub 2020, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kobar rencananya bakal membentuk tim pengawas kampanye di media sosial (medsos).

Ketua Bawaslu Kobar Dorik Rozani, Senin, 21 September 2020 mengatakan sesuai dengan tugasnya sebagai pengawas pemilu, bukan hanya kampanye secara konvensional saja yang diawasi, namun juga segala bentuk  kampanye yang dilakukan secara online misalnya melalui medsos.

”Tentunya bentuk kampanye di medsos akan diawasi oleh Bawaslu. Guna memantau apakah ada yang melakukan kampanye diluar jadwal, kampanye hitam serta ujaran kebencian,” jelas Dorik Rozani.

Menurut Dorik Rozani, sebelum dibentuknya tim patroli media sosial, pihaknya masih menunggu petunjuk dari Bawaslu Kalteng dan Bawaslu RI.

"Walaupun tim patroli medsos masih belum dibentuk, kami mengimbau bagi seluruh masyarakat maupun simpatisan calon gubernur agar selalu bijak bermedsos. Diantaranya untuk selalu melakukan penyaringan berbagai informasi yang didapatkan agar terhindar dari berita bohong atau hoax," jelas Dorik Rozani.

Hal tersebut, lanjut Dorik Rozani, bertujuan agar Pilgub Kalteng 2020 bisa berlangsung aman dan damai serta menciptakan pesta demokrasi yang bermartabat.

"Karena pemilu merupakan pesta demokrasi, harapannya disitu ada kebahagian bukan ketakutan. Tentunya bagaimana kita membuat pilkada yang mengedepankan rasa damai dan tentram," jelas Dorik Rozani. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru