Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Konflik Antar Warga dan Perusahaan Harus Diredam Sedini Mungkin

  • Oleh Naco
  • 03 Oktober 2020 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Konflik antara warga dan perusahaan perkebunan yang terjadi di Kabupaten Kotim harus bisa diredam sedini mungkin. 

Anggota Komisi II DPRD Kotim, Parimus mengatakan, sengketa yang terus terjadi ini akibat ketiadaan terlibatnya pemerintah kabupaten dalam  pengawasan untuk izin yang diberikan. Sehingga ilustrasi dari sengketa lahan ini bagai bom waktu.

"Di semua titik pasti ada sengketa, sesekali ini meledak bersama akan menganggu situasi kamtibmas di Kotim,” kata Anggota Komisi II DPRD Kotim, Parimus. 

Saat ini kata dia banyak permasalahan terjadi di sektor perkebunan kelapa sawit. Mulai dari sengketa lahan, belum lengkapnya perizinan, penanaman di luar hak guna usaha dan lainnya. Masalah ini berlarut-larut dan hingga kini belum tuntas. 

Jika pengawasan dilakukan dengan baik dan benar, masalah seperti ini seharusnya sudah bisa diketahui sejak dini sehingga tidak terus berlarut.

Menurutnya akibat terabaikan, kini masalah makin rumit. Apalagi sudah menyangkut hajat hidup masyarakat, sehingga rawan memicu konflik sosial. (NACO/B-11)

Berita Terbaru