Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SSMS Tambah Dua Sertifikat RSPO, Bukti Keberlangsungan Usaha Perkebunan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 06 Oktober 2020 - 18:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Bukti nyata PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk atau SSMS dalam meningkatkan keberlanjutan usaha perkebunan, yaitu SSMS menambah perolehan dua sertifikasi RSPO baru.

"Sertifikasi RSPO yang diterima untuk unit Usaha Pabrik Kelapa Sawit atau PKS PT Tanjung Sawit Abadi yakni PKS Malata dan PT Sawit Multi Utama yakni PKS Nanga Kiu yang berlokasi di Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah," kata Corporate Secretary SSMS, Swasti Kartikaningtyas kepada Borneonews pada Selasa, 6 Oktober 2020.

Sertifikasi RSPO ini menurutnya diterbitkan pada bulan Juni 2020 oleh PT SGS Indonesia, sebagai lembaga sertifikasi RSPO.

"Dengan bertambahnya 2 sertifikasi tersebut, SSMS telah memiliki 6 sertifikasi RSPO pada tahun 2020 atau telah mencapai 80% dari 8 Pabrik Kelapa Sawit yang telah dimiliki Perusahaan," tuturnya.\

Sementara PKS yang akan menyusul melaksanakan sertifikasi adalah PT Menteng Kencana Mas yakni PKS Kanamit yang direncanakan pada semester 2 tahun 2021.

"Selain menjaga mutu dan keberlanjutan usaha, SSMS juga melakukan pendampingan kepada Petani kelapa sawit mandiri yang berlokasi di sekitar perusahaan Sejak tahun 2018, SSMS mendorong terbentuknya Asosiasi Petani Kelapa Sawit atau APKSM di Kotawaringin Barat, yang bertujuan untuk mengajak petani melaksanakan praktek perkebunan yang berkelanjutan," tuturnya.

Petani anggota APKSM yang resmi terbentuk tahun 2019 menurut Swasti telah menerima sertifikasi RSPO Smallholder yang terdiri dari 340 petani dengan luas lahan 710 Hektar. Luasan sertifikasi RSPO Smallholder saat ini telah mencapai 71% dari target sebanyak 1000 Hektar yang akan diselesaikan pada tahun 2020.

"Selain itu pada akhir bulan Agustus 2020, Mitra Mendawai Sejati berhasil mempertahankan sertifikat International Sustainability and Carbon Certification atau ISCC. ISCC merupakan salah satu sertifikat bertaraf internasional yang dimiliki oleh SSMS Group sebagai salah satu produsen CPO di Indonesia yang ramah lingkungan," jelasnya.

Kriteria pada ISCC mendorong SSMS Group untuk menerapkan praktek-praktek perkebunan yang berkelanjutan, pengurangan emisi Gas Rumah Kaca atau GRK, perlindungan habitat alam, dan keberlanjutan sosial. ISCC juga mengacu pada standar energi terbarukan Uni Eropa atau UE Renewable Energy Directive UE RED.

"Atas pencapaian ini, semakin menguatkan komitmen SSMS sebagai produsen CPO yang bertanggung jawab terhadap lingkungan sesuai dengan standar energi terbarukan. Hal ini dapat membuka peluang SSMS untuk memasarkan produk tersebut di pasar global," bebernya.

Berita Terbaru