Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat Pematang Karau Hadiri Panen Perdana Padi di Desa Kupang Bersih

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 07 Oktober 2020 - 14:31 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Camat Pematang Karau, Edy Adwar menghadiri panen perdana varietas padi Inpari 30 di Desa Kupang Bersih, Rabu 7 Oktober 2020.

"Alhamdulillah saat ini panen perdana padi musim asep 2020 di kawasan ini dengan luas tanam 5 hektare," ungkapnya.

Dari pengubinan yang dilakukan penyuluh diprediksi menghasilkan gabah 7,96 ton per hektare. Karena itu Edy berharap penanaman padi pada musim asep menjadi contoh bagi desa lain di Kecamatan Pematang Karau yang hanya menanam pada musim tanam Okmar.

"Dengan hasil yang bagus ini, petani yang lain dapat ikut mengoptimalkan lahannya sehingga bisa panen padi dua kali dalam setahun," imbuhnya.

Sementara itu Koordinator Balai Penguluhan Pertanian atau BPP Pematang Karau, Yudhi Irwanto menjelaskan keberhasilan panen perdana di kawasan ini merupakan hasil program pompanisasi yang diterapkan BPP.

"Ini kan daerah rawa, jadi biasanya petani hanya tanam pada musim okmar karena saat musim asep tidak ada air. Dengan pompanisasi sekarang petani bisa tanam dua kali dalam setahun," terangnya.

Lanjutnya, kapasitas pompanisasi di kawasan tersebut mencapai 25 hektare, karena itu Yudhi berharap petani yang lain menduplikasi keberhasilan pada lahan percontohan seluas 5 hektare.

"Target kami pada musim tanam yang sama tahun depan luas tanam bisa meningkat jadi 25 hektare," jelasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru