Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pulang Pisau Siapkan SDM Kembangkan Pariwisata

  • Oleh James Donny
  • 14 Oktober 2020 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Untuk mengembangkan potensi di sektor pariwisata, selain menyiapkan sarana dan prasarana, Dinas Pariwisata juga menyiapkan sumber daya manusia atau SDM yang handal dalam pengelolaan pariwisata di sejumlah objek wisata yang ada di Kabupaten Pulang Pisau. 

Pelaksana Tugas atau Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pulang Pisau Osa Maliki mengatakan, saat ini Dinas Budpar bergerak memperkuat tata kelola destinasi pariwisata dengan meningkatkan SDM-nya. 

"Kita memberikan pelatihan kepada Kelompok Sadar Wisata yang ada di Kecamatan Kahayan Hilir, Jabiren Raya, Kahayan Tengah dan Banama Tingang," katanya. 

Menurutnya, untuk memperkuat bidang tata kelola destinasi wisata ini perlu diciptakan sumber daya manusia yang handal sehingga kepariwisataan di kabupaten setempat dapat ditata dan dikelola dengan baik. 

Demikian juga dengan Pokdarwis yang diberdayakan dapat menggali potensi yang ada di masing-masing desa. Sehingga, dapat menjadi unggulan minimal mampu menarik wisatawan domestik.

Dalam pemulihan ekonomi dampak Covid-19, Dinas Budpar juga telah mengalokasikan anggaran Rp550 juta untuk membuka kembali destinasi wisata dan subsidi bagi pemulihan aktifitas sanggar seni tari dan budaya.

"Kita juga akan menyediakan barang seperti kapal susur sungai, sepeda air, dan perlengkapan sebagai penunjang destinasi wisata di wilayah kita," tuturnya. (JAMES DONNY/B-7)

Berita Terbaru