Aplikasi Software Pilkada Terbaik di Indonesia

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KAMI Sebut 5 Cuitan Syahganda Nainggolan Jadi Barang Bukti

  • Oleh Teras.id
  • 18 Oktober 2020 - 16:00 WIB

TEMPO.COJakarta - Ketua Komite Eksekutif Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Ahmad Yani mengatakan ada lima cuitan Syahganda Nainggolan yang dijadikan barang bukti atas kasus dugaan menyebarkan berita bohong atau hoaks melalui akun Twitter.

"Yang kita dapat BAP (berita acara pemeriksaan) ditunjukkan seingat saya ada 5 tweet-nya Pak Syahganda," kata Yani kepada Tempo, Sabtu, 17 Oktober 2020.

Yani kemudian mengirimkan empat dokumen tangkapan layar cuitan Syahganda. Tempo kemudian menelusuri cuitan Syahganda tersebut di akun Twitter pribadinya.

Cuitan pertama pada 12 September 2020. Akun @syahganda mengomentari sebuah berita tentang Menko Polhukam Mahfud Md yang menyebut calon kepala daerah didanai para cukong.

"Ini artinya pemerintah mengakui kedaulatan rakyat itu tidak ada, yang ada kedaulatan cukong2. Itulah sebabnya KAMI mendorong perubahan tuk selamatkan Indonesia dari kekuasaan cukong2 (oligarki), kembali ke cita2 Proklamasi," cuit Syahganda.

Cuitan kedua Syahganda pada 1 Oktober. Ia menyampaikan bahwa salah satu poin Gatot Nurmantyo, Presidium KAMI, saat di Karawang adalah mengutuk dan menolak RUU Omnibus Law yang menyengsarakan buruh. "Selamat bergerak tokoh KAMI, Iswan Abdullah, Roy Jinto, Abdul Hakim, Arif Minardi, Mirah Sumirat, dll tokoh buruh. Selamat MOGOK NASIONAL, sukses," cuitnya sambil menyertakan tautan berita berjudul: Tolak Omnibus Law Cipta Kerja, Buruh akan Mogok.

Pada 10 Oktober, Syahganda mengomentari sebuah unggahan akun Mas Piyu Ori. "Ini benar ya ada aksi Saya mau ikut aksi Selasa 13 Oktober di bundaran HI. Meski pake masker dan bawa 'face shield', maklum dah senior, sensitif thd Covid-19," cuit Syahganda.

Pada 13 Oktober, Syahganda mengomentari berita tentang Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang menyebut ada kekuatan asing di balik demo Omnibus Law.

"Makan malam makin sinting lihat yang nuding. Sekarang Menhan Jokowi nuding aksi demo ditunggangi asing. Lha, jangan mencla mencle, KAMI atau asing yang lu tuding" ucap Syahganda dalam cuitannya.

Pada cuitan kelima, Yani tak memberikan tangkapan layar. Namun, ia menyampaikan bahwa cuitan Syahganda terkait dukungan untuk demo buruh. "Pak Ganda apresiasi, KAMI mendukung demo buruh dan mengucapkan bela sungkawa. Apa itu masuk provokasi, saya enggak tahu," kata Yani.

Tempo berusaha mengkonfirmasi cuitan-cuitan yang disebut Yani sebagai barang bukti dalam BAP Syahganda kepada Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono, sejak Sabtu sore. Namun hingga saat ini belum direspons.

TERAS.ID

Berita Terbaru