Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Prakiraan BMKG: Perairan Laut Jawa Masih Aman Dilintasi Kapal Penumpang

  • Oleh Wahyu Krida
  • 19 Oktober 2020 - 16:25 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Meski belakangan ini cuaca di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dan sekitarnya cenderung hujan dan kondisi angin cukup kencang, kawasan perairan masih tetap tergolong aman untuk dilayari kapal penumpang dan niaga.

Kasi Keselamatan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Panglima Utar Kumai Slamet, Senin, 19 Oktober 2020 menjelaskan, berdasarkan prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sejak hari ini hingga tanggal 25 Oktober 2020 tinggi ombak laut masih tergolong rendah.

"Pantauan di perairan Laut Jawa di layar monitor masih menunjukkan warna biru muda hingga biru tua. Dari skala warna tinggi gelombang berkisar antara 0 hingga 0,75 meter," jelas Slamet.

Dengan ketinggian gelombang tersebut, diprediksi perairan Laut Jawa masih aman untuk dilintasi kapal penumpang lantaran ombak tergolong rendah.

"Warning atau peringatan dikeluarkan bila dari data laporan prediksi BMKG menunjukkan warna coklat hingga coklat tua atau tinggi ombak berkisar 2 meter keatas," jelas Slamet.

Menurut Slamet, warning tersebut dikeluarkan agar operator pelayaran bisa waspada saat berlayar dengan kondisi ombak yang cukup tinggi.

"Peringatan sudah kami berikan. Namun keputusan berlayar atau tidak tergantung pada operator masing-masing maskapai pelayaran," pungkas Slamet. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru