Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bulukumba Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Aruta Kembali Diterpa Banjir ke 3 Kali Dalam Setahun

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 19 Oktober 2020 - 22:01 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Wilayah Kecamatan Arut Utara, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kembali diterpa musibah banjir. Musibah ini merupakan kejadian ke 3 kali dalam setahun.

Camat Aruta, M. Nursyah Ikhsan menyampaikan menurut sejarahnya ini merupakan kejadian pertama kali dalam 1 tahun terjadi banjir sampai 3 kali.

"Biasannya siklusnya dalam setahun itu sekali aja terjadi banjir dan ini dalam 10 tahun terakhir baru tahun ini 3 kali banjir," kata Ikhsan saat dibincangi Borneonews, Senin 19 Oktober 2020.

Lanjutnya, setidaknya ada 10 desa dan 1 kelurahan di wilayah Aruta yang terdampak banjir. Di antaranya Sungai Dau, Sambi, Panahan, Riam, Pandau, Penyombaan, Kerabu, Sukarami, Gandis, Nagamua dan 1 Kelurahan Pangkut.

Bahkan banjir tahun ini cukup parah. Mengingat intensitas hujan yang terjadi beberapa hari terakhir cukup tinggi. Sehingga membuat sungai Arut meluap dan berdampak pada warga yang tinggal dipinggir bantaran sungai.

"Memang beberapa hari ini sekitar 2-3 hari hujan di Aruta tanpa henti dan ini penyebab sungai Arut meluap. Bahkan di desa Sambi ketinggian mencacpai satu meter," tuturnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru