Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

4 Penyebab Mobil Berbunyi Aneh dan Sulit Distarter, Catat Solusinya

  • Oleh Teras.id
  • 22 Oktober 2020 - 11:50 WIB

TEMPO.COJakarta - Mobil yang tidak bisa distarter dan mengeluarkan bunyi menjadi ciri-ciri mesin mobil bermasalah dan mengganggu pemiliknya.

Bunyi saat mesin dihidupkan adalah hal yang lumrah karena terjadi perpindahan energi dan pergerakan pada komponen mesin. Namun, ada kalanya terdengar bunyi yang tidak biasa, misalnya, bunyi tek-tek.

Apa yang menyebabkan mesin mengeluarkan bunyi tersebut  Apakah itu ciri-ciri mesin mobil bermasalah

Berikut penjelasan dari Auto2000 seperti dikutip Bisnis:

1. Dinamo starter longgar
Dinamo starter adalah komponen yang bertugas memutar poros engkol mesin. Komponen ini bekerja dengan mengandalkan energi listrik dari aki. Letaknya di dekat flywheel (roda gila).

Untuk dapat menggerakkan keempat piston mobil, dinamo starter menghasilkan daya yang besar. Untuk itu komponen harus terpasang kuat. Selain itu, dinamo starter terikat kuat pada mesin dengan baut khusus.

Jika baut longgar, mesin akan mengeluarkan bunyi saat dihidupkan.

Solusinya, mengencangkan baut pengikat dinamo starter. Jika ternyata lubang baut sudah aus, perlu dilakukan pembubutan agar dinamo starter mobil tidak bergetar saat mesin dinyalakan.

2. Kerusakan pada gigi pinion motor starter
Mobil tidak bisa distarter dan bunyi tek-tek juga bisa disebabkan oleh komponen gigi pinion, yaitu roda gigi kecil di antara dinamo starter dan flywheel.

Pada saat mesin mobil dihidupkan, roda gigi pinion muncul dan kemudian bertautan dengan roda gigi pada flywheel. Dengan begitu, saat dinamo berputar, flywheel pun ikut berputar.

Kerusakan yang umum ditemui pada komponen gigi pinion adalah roda gigi yang aus. Dalam kasus yang parah, roda gigi pinion, bahkan rontok dan habis.

Keausan terjadi karena gigi pinion selalu bersinggungan dengan flywheel saat bekerja. Apabila ini terjadi, maka penyelesaiannya adalah mengganti roda gigi pinion.

Berita Terbaru