Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pokdakan Karya Membangun Panen Ikan Patin, Ini Harapan Dinas Perikanan Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 26 Oktober 2020 - 17:55 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Tim dari Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Kapuas telah melakukan peninjauan panen ikan patin milik Kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Karya Mambangun di Handel Bajang, Desa Bandar Raya, Kecamatan Tamban Catur.

Panen ikan jenis Patin sebanyak 5.188 Kg ini juga telah ditinjau oleh Kabid Pemberdayaan Pembudidaya Ikan Diskan Kapuas, Fatmawati bersama penyuluh perikanan wilayah setempat Juli Astuti Dalimunthe.

Ikan patin tersebut merupakan hasil pemeliharaan lanjutan secara swadaya setelah pertama kali dulunya mendapat bantuan dari Diskan Kabupaten Kapuas melalui DAK tahun 2017 lalu.

Juli Astutie mengatakan bahwa jerih payah kelompok masyarakat tersebut akhirnya berbuah manis. Ia berharap potensi ini dapat terus dikembangkan ke depannya.

“Kelompok ini memang mempunyai minat yang besar ditunjang dengan kerja keras masyarakat di sana yang juga sama besarnya, masyarakat sekitarnya pun tak segan turut ambil bagian biar bisa mereka nikmati sama-sama,” kata Juli, Senin, 26 Oktober 2020.


Selanjutnya, Kabid Pemberdayaan Pembudidaya Ikan Fatmawati mengatakan ikut bahagia melihat keberhasilan kelompok tersebut dan begitu mengapresiasi usaha yang sudah dikerahkan kelompok tersebut.

“Kita pun akan dukung kelompok yang mempunyai potensi besar seperti ini,  semoga nanti bisa lebih berkembang lagi dari pada ini,” harapnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga berkesempatan melihat alat berat yang disewa masyarakat untuk membuat 11 unit kolam ikan. Bakal kolam baru tersebut merupakan usaha lanjutan masyarakat yang begitu antusias atas keberhasilan sebelumnya.

Sementara itu, Ketua Pokdakan Karya Membangun, Muhammad Aripin begitu bangga saat dikunjungi oleh tim dari Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas.

“Iya, Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas sendiri sengaja kita undang biar menyaksikan langsung hasil dan potensi yang kita punya guna menunjukkan beginilah kerja keras kami," ucap Aripin. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru