Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Barat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemenag Kapuas Gelar Pembinaan Kerukunan Umat Beragama

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 28 Oktober 2020 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabuapten Kapuas telah menggelar kegiatan kerukunan umat beragama bertemakan pembinaan manajemen konflik di tingkat kabupaten dan kecamatan.

Penanggung jawab kegiatan M Poteran Sosilo mengatakan kegiatan pembinaan manajemen konflik tingkat kabupaten telah diselenggarakan dengan perserta dari Ormas atau lembaga agama kabupaten serta jepala KUA.

Kemudian dilanjutkan untuk tingkat kecamatan dengan sasaran Ormas/lembaga agama kecamatan serta penyuluh agama.

“Kegiatan ini sudah kami laksanakan. Dalam pelaksanaannya dibedakan ada yang tingkat kabupaten dan kecamatan, tujuannya agar informasi perihal menjaga kerukunan umat beragama dapat serta sampai ke bawah kecamatan,” ucapnya, Rabu 28 Oktober 2020.

Sementara Plt Kepala Kantor Kemenag Kapuas, Asyhadi menyampaikan perihal kebijakan Kementerian Agama dalam menjaga kerukunan umat beragama dengan cara saling menjaga antar umat beragama, rukun, cerdas, mandiri dan sejahteran sesuai dengan falsafah “Huma Betang” Kalimantan Tengah.

“Alhamdulillah Kabupaten Kapuas dalam kurun waktu beberapa tahun ini kerukunan umat beragama baik, meski secara nasional Kalimantan Tengah diperingkat ke delapan kerukunan umat beragamanya, kita semua optimis bisa menjaga dan lebih baik lagi," ucapnya.

Selain itu di Kapuas sudah masuk 6 agama yang diakui di Indonesia, ia menjelaskan dari data umat beragama per Juli 2020 Umat beragam di Kabupaten Kapuas sudah lengkap, agama Islam, Kristen, Hindu, Katolik, Budha dan terakhir agama Konghuchu.

"Ini menandakan kita harus kompak dan kuat dalam menjaga kerukunan sedikit gesekan saja bisa terjadi hal yang tidak diinginkan," tuturnya.

Dia berharap kepada ormas/lembaga kegamaan untuk saling berkoordinasi dengan FKUB sebagai wadah forum kerukunan, Kesbangpol serta Kementerian Agama.

"Sehingga bersama-sama saling menjaga menguatkan persatuan dan kesatuan dengan tujuan kerukunan umat beragama di Kapuas tetap utuh dan kokoh," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru