Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seniman Berharap Kotim Miliki Panggung Kreasi Budaya dan Kearifan Lokal

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 03 November 2020 - 17:51 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seniman di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengharapkan pemerintah daerah bisa membuat sebuah panggung pertunjukan untuk para seniman berkreasi dan menampilkan budaya serta kearifan lokal. 

"Kami sebagai seniman sangat menginginkan ada tempat khusus. Sehingga bisa menjadi sebuah pagelaran budaya lokal Kotim nantinya," ujar salah seorang seniman di Kotim Wahyu Saputra, Selasa, 03 November 2020. 

Dia mengetakan saat ini seniman di Kotim cukup banyak dan harapannya bisa terus berkembang dan dilanjutkan oleh para seniman-seniman muda daerah ini. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotim Fajrurrahman mengungkapkan, pemerintah daerah sebenarnya sudah memiliki program kegiatan, salah satunya membangun panggung untuk pentas seni di lingkungan Museum Kayu Sampit. 

Namun karena saat ini masih dalam pandemi Covid-19, sehingga sejumlah anggaran program pembangunan di pangkas, guna penanganan dan pencegahan virus tersebut. 

"Bukan berarti kami berlindung dibalik pandemi Covid-19 ini. Namun kenyataanya seperti itu. Dan kami sangat ingin mewujudkan cita-cita para seniman di Kotim ini untuk memiliki pentas seni dan budaya," katanya.

Meski begitu dirinya sebagai Kepala Disbudpar Kotim, akan berupaya mewujudkan pembangunan panggung seni budaya tersebut pada 2021. 

"Bupati Kotim sudah merancang panggung tersebut. Dan nantinya atapnya berbentuk rumah betang, sehingga ditempat itulah penggiat seni berkreasi nantinya," terang Fajrurrahman. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru