Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KSOP Panggil Nahkoda Kapal Vietnam Penabrak Nelayan Kotim

  • Oleh Naco
  • 16 November 2020 - 17:15 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kasus tewasnya Hatman, nelayan asal Kabupaten Kotawaringin Timur yang ditabrak Kapal MV Nam Son 16 asal Vietnam masih dalam proses pemeriksaan.

Kepala KSOP Sampit melalui Kasi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli, Baslan Damang mengatakan, saat ini mereka sudah memanggil nahkoda kapal untuk hadir memberikan keterangannya terkait insiden itu.

Sejauh ini, mereka masih belum tahu kronologis atau kejadian antara kapal kargo itu dengan kapal nelayan asal Desa Babaung, Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotim.

Sementara itu terkait dokumen kapal, Baslan mengaku sudah lengkap. Baik itu dokumen, surat, dan sertifikat kapal serta port clearance dari pelabuhan keberangkatan.

Adapun peristiwa naas itu terjadi pada Sabtu, 14 November 2020 pukul 13.00 WIB tepatnya di perairan laut Jawa perairan Tanjung Puting dengan posisi 03°32887"S / 112°16517"E  MV. 

Berawal saat kapal yang digunakan Hatman bersama anaknya, Jainul Ikhsan dan 2 keponakannya, Ramadan serta Sayuti saat melakukan penangkapan ikan di perairan laut Jawa, wilayah Tanjung Puting

Saat itu tiba-tiba datang kapal kargo MV Nam Son 16 menabrak bagian haluan (depan) kapal korban. Akibatnya, kapal tersebut tenggelam dan Hatman meninggal dunia.

Sekitar Pukul 13.30 WIB, datang kapal nelayan Inkamina 02 yang melihat kejadian tersebut. Kapal itu memberikan pertolongan dengan mengevakuasi korban ke Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan. 

Pukul 22.20 WIB kapal nelayan Inkamina 02  tiba di pelabuhan Kuala pembuang dan selanjutnya korban dibawa ke RS Pratama Samuda, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan untuk ditangani lebih lanjut.

Pasca kejadian itu, Kapal Nam Son 16 dengan agen Adi Bahari Nuansa itu dibawa menuju Pelabuhan Bagendang, Kecamatan Mentaya Hilir Utara untuk proses lebih lanjut.

"Saat ini kapal berlabuh di Pelabuhan Bagendang, Kecamatan Mentaya Hilir Utara," tegasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru