Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemenag Kapuas Berikan Bimtek Peningkatan Kualitas Mutu Layanan KUA

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 17 November 2020 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kapuas melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam telah menggelar kegiatan Bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan kualitas mutu layanan Kantor Urusan Agama (KUA) di lingkunhan Kemenag setempat.

Penangungjawab Kegiatan, M. Poteran Sosilo menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kuliatas kinerja SDM apartur KUA Kecamatan dengan penguatan keterampilan dan pelaporan berbasis Teknologi, e-Goverment yang transparan, efektif, efesien dan akuntable dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Adapun sasaran target, lanjut Poteran ialah para kepala KUA kecamatan se Kabuaten Kapuas, dan Operator petugas layanan dengan jumlah peserta 20 orang dengan pemateri yang dihadirkan dari Kantor Kemenag Kapuas dan Bidang Bimas Islam Kantor Wilayah Kemenag Kalteng.

"SDM yang unggul akan memberikan kontribusi yang bagus untuk tempat kerjanya, jadi kami berikan Bimtek ini,” kata Poteran, Selasa, 17 November 2020.

Tidak dapat dipungkiri, lanjut dia ada sebagian KUA kecamatan di Kabupaten Kapuas hanya merupakan pemain tunggal atau tidak memiliki staf, penghulu atapun penyuluh.

"Oleh sebab itu kepala KUA Kecamatan diharapkan untuk bisa mengoptimalkan layanannya dengan kondisi yang demikian," ucap Poteran yang juga Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Kapuas ini.

Sementara itu, Kasubbag Tata Usaha Kemenag Kapuas, H Hamidhan mengatakan bahwa KUA merupakan perpanjangan Kemenag dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

"Terutama layanan langsung yang bersentuhan dengan masyarakat seperti layanan nikah, layanan tanah wakaf dan layanan keagamaan lainnya," ucap Hamidhan.

Sehingga, Bimtek ini sangat penting dengan adanya pelatihan kepada petugas layanan maka otomatis kualitas layanan juga meningkat.

"Dalam memberikan layanan harus murah senyum, jangan marangut ujar orang banjar, dan yang terpenting ikhlas," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru