Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Azerbaijan Mulai Ambil Alih Wilayah di Nagorno-Karabakh

  • Oleh Teras.id
  • 21 November 2020 - 13:11 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Militer Azerbaijan mulai mengambil alih kawasan yang menjadi hak mereka di Nagorno-Karabakh. Hal itu sesuai dengan kesepakatan damai yang mereka teken dua pekan lalu bersama Armenia.

"Unit dari militer Azerbaijan sudah memasuki kawasan Aghdam," ujar keterangn Kementerian Pertahanan Azerbaijan, dikutip dari kantor berita Al Jazeera, Jumat, 20 November 2020.

Diberitakan sebelumnya, keberhasilan Azerbaijan menembus pertahanan di Nagorno-Karabakh mendesak Armenia untuk menimbang kembali posisinya.

Usai yakin bahwa tidak ada lagi perlawanan yang bisa mereka lakukan, setelah sebulan lebih bertempur, Armenia memutuskan untuk berdamai.

Azerbaijan sepakat untuk berdamai dengan Armenia. Namun, mereka memasang syarat boleh mengambil alih kawasan yang berhasil diduduki selama pertempuran.

Menurut laporan Al Jazeera, kawasan yang berhasil diduduki Azerbaijan kurang lebih 15-20 persen dari total wilayah Nagorno-Karabakh.

Salah satunya adalah kota bersejarah Shusha. Adapun penyerahan wilayah akan berlangsung bertahap untuk memberi ruang kepada warga Armenia mencari tempat tinggal baru dan memindahkan barang-barang mereka.

Rencananya, setelah Aghdam, wilaya selanjutnya yang akan diambil alih adalah distrik Kalbajar pada 25 November 2020. Seminggu kemudian, proses ambil alih berlanjut ke distrik Lachin.

Di Aghdam sendiri, selain militer Azerbaijan, tidak ada lagi warga Armenia di sana. Mereka telah meninggalkan tempat tinggal masing-masing.

Kurang lebih ada 200 ribu warga yang terpaksa mengungsi dari sana karena Azerbaijan masuk. Sementara itu, di ibu kota Nagorno-Karabakh, Stepanakert, milisi perdamaian asal Rusia sudah siaga.

Berita Terbaru