Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yahukimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Kotim Simulasi Pemungutan Suara Di TPS 11 Kelurahan Baamang Hulu

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 21 November 2020 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Timur (Kotim), menggelar simulasi pemungutan suara hingga rekapitulasi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 11, yang berada di Kelurahan Baamang Hulu, Kecamatan Baamang, Sabtu, 21 November 2020.

Simulasi tersebut, melibatkan seluruh masyarakat yang memiliki hak pilih di TPS 11 tersebut. Sehingga, dilaksanakan dalam satu hari sama dengan kegiatan pemungutan suara Pemililihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 9 Desember 2020.

"Simulasi ini dilakukan secara real, dan ini dilakukan sebagai persiapan jelang pemilihan pada 9 Desember 2020," ujar Ketua KPU Kotim Siti Fathonah, Sabtu, 21 November 2020.

Dalam simulasi ini seluruh petugas TPS, dan semua yang terlibat dilakukan rapid test. Begitu juga penerapan protokol kesehatan.

Mulai dari tempat cuci tangan, pengecekan suhu tubuh terhadap warga yang datang, serta pemberian sarung tangan juga dilakukan.

"Semua dilakukan oleh petugas dan pemilih sebenarnya, bukan perwakilan, sehingga seperti inilah nantinya pemilihan dilaksanakan," katanya.

Pihaknya juga telah menyiapkan masker. Guna diberikan kepada pemilih yang datang ke TPS tanpa menggunakan masker tersebut.

Surat pemberitahuan yang diserahkan kepada pemilih juga ada imbauan penggunaan masker, membawa alat tulis sendiri, dan juga anjuran waktu pencoblosan yang sudah diatur dalam surat tersebut. "Hal itu menghindari agar tidak terjadi perkumpulan banyak orang," terangnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru