Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapal Induk AS Pindah ke Teluk Arab, Disebut Tak Terkait Pembunuhan Ilmuwan Iran

  • Oleh Teras.id
  • 29 November 2020 - 00:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Militer Amerika Serikat diketahui mengerahkan Kapal Induk USS Nimitz ke wilayah Teluk Arab pada Rabu kemarin.

Juru Bicara Armada Kelima Angkatan Laut AS, Rebecca Rebarich, membantah pergerakan armadanya itu berkaitan dengan pembunuhan ilmuwan nuklir ternama asal Iran, Mohsen Fakhrizadeh.

"Tidak ada ancaman khusus yang memicu kembalinya Nimitz Carrier Strike Group," kata Komandan Rebarich dikutip dari Reuters, Sabtu, 28 November 2020.

Rebarich mengatakan pemindahan Kapal Induk USS Nimitz itu terkait dengan penarikan pasukan AS di Irak dan Afghanistan.

"Untuk memastikan kami memiliki kemampuan yang cukup guna menanggapi setiap ancaman dan mencegah musuh melawan pasukan kami selama pengurangan kekuatan," ucapnya.

Sebelumnya, Mohsen Fakhrizadeh, ilmuwan Iran yang dicurigai oleh Barat mendalangi program bom nuklir rahasia, tewas kemarin.

Ia disergap dan ditembak di dalam mobilnya di jalan raya dekat Teheran. Pembunuhan Mohsen Fakhrizadeh ini dinilai akan memprovokasi konfrontasi baru antara Iran dan musuh-musuhnya pada minggu-minggu terakhir masa kepresidenan Donald Trump.

Presiden Iran Hassan Rouhani menuduh Israel yang membunuh ilmuwan mereka itu. Ia mengancam akan membalas dendam atas peristiwa ini. (TERAS.ID)

Berita Terbaru