Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Denpasar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tahun Ini Penderita HIV di Barito Timur Bertambah 5 Orang

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 01 Desember 2020 - 15:11 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Tahun ini perhatian seluruh dunia berfokus pada pandemi Covid-19. Kita hampir lupa ada penyakit lain yang tidak kalah membahayakan dan hingga kini belum ditemukan obatnya yaitu HIV. Diketahui tahun ini Kabupaten Barito Timur memiliki 5 kasus baru penderita HIV.

HIV atau Human Immunodeficiency Virus adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh dengan menghancurkan sel CD4. Sel CD4 adalah bagian dari sistem imun yang spesifik bertugas melawan infeksi.

Orang yang terinfeksi HIV, jumlah sel CD4-nya akan turun drastis sehingga sistem kekebalan tubuhnya tidak cukup kuat melawan infeksi.

"Sebelumnya Barito Timur memiliki 16 kasus penderita HIV, kemudian 3 orang meninggal dunia, dan pada tahun 2020 kembali bertambah 5 kasus. jadi total penderita HIV yang ada saat ini 18 orang," ungkap Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Barito Timur, Mayerni, Selasa, 1 Desember 2020.

Ia menjelaskan 5 penderita HIV baru semuanya sudah dewasa yang terdiri dari 3 laki-laki dan 2 perempuan atau ibu rumah tangga.

"Hampir semua kecamatan di Barito Timur ada penderita HIV, karena itu para penderita HIV ini diawasi oleh Puskesmas pada bagian pencegahan dan pengendalian penyakit menular," imbuhnya.

Selain itu penderita HIV juga diwajibkan untuk memeriksakan diri Klinik Voluntary Counseling and Testing atau VCT yang tersedia di RSUD Tamiang Layang setiap bulan serta rutin minum obat yang dikonsumsi seumur hidup.

"Mereka juga diawasi dan diberikan penyuluhan agar tidak melakukan hubungan seks bebas serta selalu menggunakan kondom saat berhubungan seks," terangnya.

Kepada masyarakat umum, Mayerni juga menyampaikan pesan agar terhindar dari penularan dari penyakit tersebut yang jika tidak tertangani dengan baik dapat meningkat menjadi Acquired Immunodeficiency Syndrome atau AIDS, yaitu kondisi penderita HIV dalam stadium lanjut akibat kekebalan tubuh telah rusak parah.

"Kami mengimbau masyarakat Barito Timur agar setia dengan pasangan atau tidak berganti-ganti pasangan, hindari seks bebas serta gunakan saat berhubungan seks," katanya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru