Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pohuwato Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mengatasi Stunting Masyarakat Perlu Dididik Pahami Pentingnya Gizi Bagi Ibu Hamil dan Balita

  • Oleh Nopri
  • 01 Desember 2020 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah Suyuti Syamsul, mengatakan
untuk mengatasi stunting masyarakat perlu dididik untuk memahami bahwa pentingnya gizi bagi ibu hamil dan anak balita.

"Stunting itu terjadi karena kekurangan gizi kronis yang disebabkan oleh kemiskinan dan pola asuh tidak tepat, yang mengakibatkan kemampuan kognitif tidak berkembang maksimal," katanya, Selasa, 1 Desember 2020.

Suyuti menjelaskan untuk mengatasi masalah kekurangan gizi pada bayi dan anak balita itu maka harus dilakukan pemberian makanan bayi dan anak yang baik dan benar menjadi agenda penting demi menyelamatkan generasi masa depan.

"Oleh karena itu, sangat diperlukan pemantauan pertumbuhan, pemberian ASI, pemberian makanan pendamping ASI, pemberian makan pada ibu, bayi dan anak berbasis masyarakat," jelasnya.

Selain itu, informasi ini sangat penting juga utuk disampaikan kepada kader posyandu sebagai sumber daya potensial yang langsung berhubungan dengan sasaran konseling pemberian makan bayi dan anak atau PMBA.

"Ini sangat penting untuk membekali tenaga kesehatan dengan pengetahuan, keterampilan, dan alat bantu untuk mendukung ibu, ayah dan pengasuh dalam meningkatkan praktik pemberian makan kepada bayi dan anak serta ibu hamil," tutupnya. (NOPRI/B-5)

Berita Terbaru