Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Berakhir Tahun Anggaran, Pemdes Sampaikan Realisasi Keuangan Desa kepada Masyarakat

  • Oleh Naco
  • 06 Desember 2020 - 09:51 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Agus Seruyantara memintaagar pemerintahan desa bisa menyampaikan realisasi keuangan desa kepada masyarakat.

"Kami mengingatkan seluruh pemerintahan desa untuk bisa menyampaikan laporan penggunaan dana desa kepada warganya sendiri setiap berakhirnya tahun anggaran," kata Agus, Minggu, 6 Desember 2020.

Hal ini sebagai bentuk transparansi publik untuk keuangan desa. Selain itu juga untuk memberikan akses informasi pemanfaatan dana desa itu paling tidak kepada masyarakat di lingkungan desa itu sendiri.

Menurut Agus, publikasi berkaitan dengan dana desa tidak hanya sebatas soal penggunaan tetapi juga dari komposisi awal dana desa tersebut.

"Misalkan pendapatan itu harus jelas dan hingga rencana belanja dana desa," kaya politisi PDIP tersebut. Semua itu kata Agus harus dipublikasikan di awal tahun anggaran dana desa supaya terbuka dan transparan soal penggunaannya.

Menurutnya, hal semacam itu harus dilakukan. Suka tidak suka kepala desa dan jajarannya harus memberikan informasi yang terbuka kepada warganya.

"Hal ini guna menghindari kecurigaan masyarakat. Kalau sudah di publikasi tidak ada lagi yang menerka-nerka. Makanya untuk menghindari tuduhan korupsi dana desa ya publikasi semua anggaran itu secara transparan," tandasnya.

Agus mengakui masih ada laporan dari warga yang kesulitan mendapatkan akses informasi untuk pemanfaatan dana desa itu. Hal ini biasanya berujung kepada pelaporan yang macam-macam dan pada akhirnya kepala desa itu sendiri yang kerepotan menghadapinya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru