Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

100 Ribu Ekor Ikan Nila Ditebar di Sawah

  • Oleh Ramadani
  • 08 Desember 2020 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Sebanyak 100 ribu ekor bibit ikan Nila ditebar di areal persawahan di Dusun Trans Bangdep, Desa Bintang Ninggi I, Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara pada Selasa 8 Desember 2020.

100 ribu bibit ikan nila yang ditebar dilakukan secara simbolis oleh Bupati Barito Utara, H Nadalsyah bersama Ketua DPRD, Dandim 1013 Muara Teweh, perwakilan balai budidaya perikanan air tawar Mandiangin - Kalsel, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, serta unsur kepela perangkat daerah lainnya.

Penerabaran benih atau bibit ikan diareal persawahan ini disebut dengan program mina padi yang berarti benih ikan ditebar diluasan sawah berair.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Barito Utara, Ir Sugeng mengatakan bahwa kegiatan penebaran benih ikan budidaya mina padi ini merupakan optimalisasi lahan sawah irigasi dengan menggunakan teknologi tepat guna.

Cara yang dapat dilakukan yakni dengan menerapkan budidaya mina padi dengan sitem tanam jajarlegowo. “Dengan adanya pemeliharaan ikan dipersawahan, selain dapat meningkatkan keragaman hasil pertanian, juga dapat meningkatkan kesuburan tanah dan air serta mengurangi hama penyakit pada tanaman padi,” jelasnya.

Selain itu, kata Sugeng, tujuan program ini juga untuk meningkatkan produktifitas dan efesiensi penggunaan lahan pertanian, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat melalui sektor perikanan dan pertanian, serta meningkatkan produksi ikan guna memenuhi gizi masyarakat.

“Penebaran benih ikan dengan program mina padi ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional ke 7 tahun 2020,” ucapnya. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru