Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bandar Lampung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pilkada 2020 Berjalan Aman dan Lancar

  • Oleh ANTARA
  • 10 Desember 2020 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Jakarta  - Hari pemungutan suara Pemilihan kepala daerah serentak 2020 di 270 daerah penyelenggara telah digelar pada pagi hingga siang Rabu 9 Desember.

Pilkada sebenarnya merupakan kegiatan lazim pesta demokrasi daerah yang diselenggarakan periode lima tahunan, namun akibat pandemi COVID-19 penyelenggaraan sempat tertunda sekitar tiga bulan dari Maret hingga Juni 2020.

Awalnya penyelenggara pemilu merencanakan hari pemungutan suara pilkada pada September 2020 sesuai dengan agenda lima tahunan berakhirnya masa jabatan kepala daerah.

Tetapi, karena Indonesia dilanda kondisi yang tidak biasa pandemi COVID-19 akhirnya pilkada ditunda guna menyiapkan berbagai penyesuaian dengan kondisi pandemi. Tripartit pemerintah, penyelenggara pemilu dan DPR memutuskan hari pemilihan digeser ke 9 Desember 2020.

Menkopolhukam Mahfud MD menyebutkan keputusan pemerintah, penyelenggara dan DPR untuk tetap melaksanakan Pilkada serentak 2020 sempat menyebabkan kekhawatiran yang sangat serius dari sebagian warga masyarakat.

"Terutama para pemerhati masalah-masalah sosial dan kesehatan serta politik bahwa pilkada serentak ini akan menjadi klaster baru yang sangat membahayakan," kata dia.

Tetapi kenyataannya menurut Mahfud seperti yang dilihat dari data olahan informasi ke Pusat Pengendalian COVID-19 di BNPB ternyata tidak ada bedanya tren perkembangan COVID-19 ini antara daerah yang melakukan pilkada dengan non pilkada.

"Bahkan di beberapa daerah yang tidak ada pilkada itu justru serangan COVID-19 juga besar, memang daerah-daerah yang ada pilkada perkembangan terinfeksi ada yang besar juga, tapi tidak ada kaitan sebenarnya antara membesarnya terinfeksi COVID-19 dengan penyelenggaraan pilkada," katanya.

Mahfud mengatakan Pemilihan kepala daerah serentak 2020 ini mulai dari penyelenggaraan awal tahapan dulu hingga hari pemungutan suara 9 Desember ini berjalan aman dan lancar.

Sampai sore Rabu, tidak ada kejadian menonjol soal keamanan, ketertiban termasuk mengenai protokol kesehatan COVID-19 di pilkada.

Berita Terbaru