Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Barito Timur Sosialisasikan Program Pemberian Fe Bagi Remaja Putri

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 15 Desember 2020 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur, Simon Biring membuka sosialisasi pemberian tablet penambah darah atau zat besi (Fe) kepada remaja puteri.

Kegiatan sosialiasi yang diikuti oleh perwakilan Puskesmas se Barito Timur itu digelar di aula dinas pendidikan setempat, Selasa, 15 Desember 2020.

Saat menyampaikan sambutan, Simon Biring mengatakan, tantangan utama dalam promosi kesehatan yakni pembangunan kesehatan belum menjadi arus utama pembangunan sektor-sektor lain sehingga peran serta sektor dalam promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat perlu di tingkatkan.

"Tantangan lainnya, pertama jumlah dan mutu kegiatan, komunikasi, informasi dan edukasi masih perlu ditingkatkan, kedua fasilitas kesehatan untuk menjamin efektivitas berlangsungnya promosi, konseling kesehatan secara baik perlu ditingkatkan," paparnya.

Yang ketiga, lanjut Simon, berbagai gerakan sosial, advokasi, serta kemitraan perlu ditingkatkan dan yang keempat kebijakan publik untuk menciptakan lingkungan sehat perlu ditumbuh kembangkan.

"Kelima, pengembangan UKBM dan peran serta masyarakat dan kerjasama dengan swasta perlu ditingkatkan dan yang keenam pencegahan stunting diawali dari remaja putri yang tercukupi kebutuhan gizinya," lanjut Simon.

Menurutnya, upaya pemberian tablet zat besi ke sekolah-sekolah nanti untuk remaja putri dilakukan demi meminimalisiasi perempuan usia muda mengalami anemia. Jika seorang remaja putri menderita anemia dan kemudian hamil maka akan berpotensi melahirkan bayi dengan tubuh pendek (stunting) atau berat badan lahir rendah.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah, meningkatkan keterampilan petugas dalam Pemberian tablet besi Fe pada remaja putri dan meningkatkan pengetahuan petugas dalam pencegahan anemia pada remaja putri," tandasnya. (BOLE MALO/B-7)

Berita Terbaru