Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPMD Murung Raya Optimalkan Pembinaan Aparatur Desa

  • Oleh Trisno
  • 19 Desember 2020 - 07:45 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Murung Raya terus berupara mengoptimalkan pembinaan terhadap aparatur desa di 10 Kecamatan yang ada di kabupaten tersebut. 

Kepala DPMD Mura Asnawiyah menyebutkan, pembinaan yang dilakukan berupa pemberian pemahaman tentang tata kelola pemerintahan dan keuangan desa.

 "Kita aktif melakukan pembinaan kepada aparatur desa yang tersebar di 10 Kecamatan ini, kita langsung turun memberikan pemahaman agar mereka dapat mengelola pemerintahan dan keuangan desa secara benar," kata Asnawiyah, Jumat, 18 Desember 2020.

Menurut Asnawiyah, pembinaan penting. Meskipun keterbatasan desa yang dijangkau serta minimnya anggaran tersedia ia berharap tidak menyurut semangat desa lainnya yang belum terjangkau agar tetap dapat menjadi desa yang memiliki tata kelola pemerintahan dan keuangan yang baik.

"Jumlah desa kita di Mura ini sebanyak 116, tentu dengan sistem jemput bola, terjun langsung ke semua desa itu tidak mungkin. Karena keterbatasan anggaran dan waktu juga," sebutnya.

Ia berharap juga peran pihak Kecamatan yang menjadi ujung tombak pemerintah kabupaten dalam rangka pembinaan dan pengawasan desa bisa terus di maksimalkan.

"Sekarangkan desa ada pendampingnya yang direkrut langsung dari kementerian desa, harapan kita kehadiran mereka bisa menambah power dalam sistem tata kelola pemerintahan dan keuangan. Jadi ada sinegritas semua lini, sehingga harapan dapat meraih hasil maksimal," imbuhnya. (Trs)

Berita Terbaru